Kamis, 18 Agustus 2011

Kemiskinan Budaya






Kembali berjalan melihat lebih dekat lapangan membuat saya belajar lebih banyak. Kali ini perjalanan dalam mengidentifikasi rumah tangga miskin khususnya rumah tangga rentan miskin. Saya mengunjungi sebuah kampung nelayan dengan kondisi seperti gambar di atas. Dimana potret kemiskinan yang tergambar adalah kemiskinan budaya. Kemiskinan budaya merupakan salah satu topik di sekitar kemiskinan yang terjadi di negeri ini. Tak bermaksud untuk SARA dalam hal ini, tapi ternyata memang kemiskinan budaya bisa diidentifikasi dari suku yang mempunyai corak seperti ini. Mereka sebenarnya tidak semuanya miskin harta, bahkan sebagian pun mempunyai cadangan perhiasan  yang banyak dan konsumsi baju setingkat semacam ekspor. Tapi, kemiskinan budaya membuat mereka mengabaikan kesehatan kehidupan perumahan mereka. Disebut kemiskinan budaya karena pada dasarnya mereka mampu untuk bisa mendapatkan penghidupan dalam hal ini fasilitas perumahan yang lebih layak... tapi mereka tidak menempatkan itu sebagai prioritas dalam kehidupan mereka. Ini hanya di salah satu titik tempat di negeri ini dan di titik-titik yang lain di negeri ini... masih bisa kita temui juga yang seperti ini.
 Ini hanya salah satu potret contoh kemiskinan budaya.. diantara macam kemiskinan-kemiskinan budaya yang lainnya..
Semoga kemiskinan budaya ini bisa segera diperbaiki, mungkin tak semudah membalik telapak tangan tapi setidaknya dimulai pelan-pelan tapi berkelanjutan. Perbaikan terhadap kemiskinan budaya akan menjadi harapan untuk memutuskan lingkaran kemiskinan untuk generasi-generasi berikutnya. Selama kemiskinan budaya ini tak mendapatkan perhatian dan hanya mengalami pembiaran secara natural, maka kemiskinan budaya semacam ini akan menjadi turun temurun untuk para generasi selanjutnya yang seharusnya bisa menjadi lebih baik..
Semoga kalian bisa mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan layak saudara-saudara sebangsaku... semoga kalian bisa bangkit dari kemiskinan budaya yang telah diturunkan dari generasi-generasi sebelum kalian... aamiin:) Love u saudaraku...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar